Analisis Pengaruh Profitabilitas, Laverage, Dan Ukuran Perusahaaan Terhadap Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI Dan Diperingkat Oleh PT Pefindo Periode 2012-2016

Khalqi, Izzat (2019) Analisis Pengaruh Profitabilitas, Laverage, Dan Ukuran Perusahaaan Terhadap Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI Dan Diperingkat Oleh PT Pefindo Periode 2012-2016. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Izzat Khalqi, Ak.-Ibs, 2018.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Izzat Khalqi, Ak.-Ibs, 2018 (1).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=42...

Abstract

Penelitian ini dilakukan menguji pengaruh variabel Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Peringkat Obligasi pada seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI2012-2016. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 48 perusahaan yang menjual obligasi dan diperingkat oleh PEFINDO. Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini berjumlah 240 perusahaan yang di pilih menggunakan metode purposive sampling yaitu penentuan sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan yaitu seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2016, perusahaan yang menjual obligasi di seluruh sektor usaha yang terdaftar di BEI, dan perusahaan yang menjual obligasi secara berturut-turut pada tahun 2012-2016 yang di peringkat PEFINDO. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi logistik meliputi analisis statistic deskriptif, uji multikolinieritas, uji overall model fit test, uji koefisien determinasi, uji hosmer and lemeshow’s goodness of fit test, uji classification plot, uji regresi logistik dan uji hipotesis menggunakan t-statistik dengan tingkat probabilitas 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Peringkat Obligasi, Leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap Peringkat Obligasi, dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Peringkat Obligasi. Penulis menyarankan kepada para investor dan pembaca agar memperhatikan faktor lainnya yang mempengaruhi Peringkat Obligasi. Baik variabel Profitabilitas tidak signifikan dikarenakan dari seluruh sampel di setiap variabel hanya sedikit yang mempengaruhi peringkat obligasi. Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaandan Peringkat Obligasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 29 Apr 2020 13:04
Last Modified: 07 Sep 2020 07:38
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item View Item