Pengaruh Koneksi Politik Terhadap Penghindaran Pajak Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Tambang Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Priode 2012-2016)

Wedhar, Sakanti (2018) Pengaruh Koneksi Politik Terhadap Penghindaran Pajak Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Tambang Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Priode 2012-2016). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Sakanti Wedhar, Ak.-IBS, 2017.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Sakanti Wedhar, Ak.-IBS, 2017-2.pdf - Published Version

Download (699kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=39...

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk melihat hubungan antara koneksi politik terhadap penghindaran pajak yang diproksikan dengann cash effective tax rate (CETR), dan juga melihat pengaruh kepemilikan institusional terhadap hubungan antara koneksi politik dengan penghindaran pajak dengan capital intensity dan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan tambang di Bursa efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2016. Data yang diperoleh dengan mengakses website Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan ukuran sampel dari 18 perusahaan dan jumlah observasi adalah 65. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koneksi politik berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Kepemilikan institusional sebagai variabel moderasi tidakmempengaruhi hubungan antara koneksi politik dengan penghindaran pajak. Sedangankan, capital intensity tidakmemiliki pengaruh terhadap penghindaran pajak dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap penghindaran pajak. Kata Kunci: Penghindaran Pajak, Cash Effective Tax Rate (CETR), Koneksi Politik, Kepemilikan Institusional, Capital Intensity, Ukuran Perusahaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Mrs. Deli Apsa
Date Deposited: 06 May 2020 02:44
Last Modified: 26 Aug 2020 09:35
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item