Pengaruh Komite Audit, Ukuran Perusahaan Dan Reputasi KAP Terhadap Audit Report Lag (Studi Pada Perusahaan Tambang Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Prayogo, Marsya Safitri (2018) Pengaruh Komite Audit, Ukuran Perusahaan Dan Reputasi KAP Terhadap Audit Report Lag (Studi Pada Perusahaan Tambang Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
20121112104.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
20121112104-2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=38...

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh komite audit, ukuran perusahaan dan reputasi KAP terhadap audit report lag pada perusahaan tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia di tahun 2011-2015. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh dari data sekunder laporan tahunan 12 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Variabel independen, komite audit diukur dengan menggunakan ukuran komite audit, ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan logaritma natural total asset, dan reputasi KAP merupakan variabel dummy yang terdiri dari KAP The Big Four dan KAP Non Big Four. Variabel dependen, audit report lag diukur dengan menggunakan jumlah hari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komite audit tidak berpengaruh terhadap audit report lag dikarenakan komite audit tidak berperan secara langsung dalam penyusunan laporan audit. Reputasi KAP juga tidak berpengaruh terhadap audit report lag disebabkan tidak semua perusahaan dengan KAP Big Four melakukan audit lebih pendek dari perusahaan dengan KAP Non Big Four karena masing-masing KAP ingin menjaga reputasi dan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik. Tetapi, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap audit report lag dikarenakan perusahaan yang besar cenderung memiliki sumber daya yang lebih banyak, serta informasi yang lebih canggih sehingga mempermudah proses audit yang dilakukan auditor sehingga proses penyelesaian laporan keuangan yang telah diaudit dapat diselesaikan tepat waktu. Kata Kunci: Audit Report Lag, Komite Audit, Ukuran Perusahaan dan Reputasi KAP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: KODEPRODI62201#Akuntansi
Depositing User: Mrs. Deli Apsa
Date Deposited: 05 May 2020 01:53
Last Modified: 26 Aug 2020 04:11
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item