Analisis Capital Asset Pricing Model (CAPM) dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham (Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode Agustus 2016- Juli 2018)

Ferrari, Alecia (2019) Analisis Capital Asset Pricing Model (CAPM) dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham (Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode Agustus 2016- Juli 2018). S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Alecia Ferrari, Ma.-Ibs, 2018.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Alecia Ferrari, Ma.-Ibs, 2018-2.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=44...

Abstract

Investasi di pasar modal umumnya memiliki tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi di pasar uang. Investor terkadang kesulitan menentukan saham mana yang akan menghasilkan return yang besar dengan risiko yang kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan CAPM (Capital Asset Pricing Model) dalam pemilihan saham untuk melakukan investasi. Mendeskripsikan penerapan CAPM dengan cara mengelompokansaham-saham sektor perbankan yang efisien dan tidak efisien berdasarkan metode Capital Asset Pricing Model (CAPM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Capital Asset Pricing Model (CAPM)yaitu untuk melihat return dan risiko yang relevan, serta untuk mencari estimasi tingkat keuntungan yang diharapkan oleh investor (expected return) pada setiap aset apabila pasar modal dalam keadaan seimbang. Metode dalam pemilihan sample adalah purposive sample methoddan menghasilkan 40 perusahaan sektor perbankan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah saham sektor perbankan periode Agustus 2016-Juli 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 31saham efisiendari 40 saham sektor perbankan. Saham yang efisien adalah saham-saham dengan tingkat pengembalian individu lebih besar dari tingkat pengembalian yang diharapkan.Dapat diketahui bahwa terdapat 31 saham perbankan dengan tingkat pengembalian rata-rata positif dan 9 saham perbankan dengan tingkat pengembalian rata-rata negatif. Keywords: CAPM, Beta, Expected Return.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 30 Apr 2020 13:35
Last Modified: 26 Aug 2020 09:30
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item