Peran Religiosity Sebagai Moderator Pembentukan Halal Cosmetics Preference : Penelitian Pada Wardah Cosmetics

Kusumaningtyas, Rr Febrina Rachmawati (2018) Peran Religiosity Sebagai Moderator Pembentukan Halal Cosmetics Preference : Penelitian Pada Wardah Cosmetics. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
20152111020.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
20152111020-2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=38...

Abstract

Dewasa ini kosmetik merupakan salah satu kebutuhan bagi wanita muslim. Kosmetik merupakan bentuk representasi dari kepribadian masing-masing wanita dan simbol kecantikan bagi seorang wanita. Produk ini tentunya tidak dapat dilepaskan dari keseharian para wanita muslim. Indonesia merupakan salah satu negara berpenduduk muslim terbesar dunia, meningkatnya gaya hidup halal dan kesadaran masyarakat terhadap produk halal ditandai dengan adanya peningkatan permintaan dan perkembangan industri halal nasional. Kosmetik dan produk perawatan pribadi Halal merupakan salah satu lini produk halal yang saat ini berkembang pesat di pasar. Studi kali ini akan mencakup kontribusi teoritis dan praktis yang mana melibatkan dimensi teori difusi inovasi dan prespektif religiusitas untuk menganalisa pembentukan preferensi konsumen muslim terhadap produk kosmetik halal. secara spesifik pengamatan akan dilakukan pada produk Wardah Cosmetics Brand sebagai pionir kosmetik halal di Indonesia Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode analisis survey. Penghimpunan data dilakukan oleh peneliti dengan pengambilan sampel dan penggunaan kuesioner sebagai sumber data. Responden dipilih berdasarkan teknik non probability samplingdan convenience sampling. Model penelitian diuji kepada 150 sampel konsumen wardah cosmetics. Hasil analisis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan Multiple Regression Analysisdan Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukan tigadari enam hipotesis yang diuji memiliki pengaruh signifikan terhadap pembentukan Halal Cosmetics Preference. Pada penelitian ini Product Characteristicsdan Social Influenceberpengaruh positif terhadap pembentukan Halal Cosmetics Preference. Tingkat Innovativenesspada wanita muslim yang rendah cenderung membentuk sikap wanita muslim semakin memilih produk kosmetik halal. Peneliti menyarankan kepada wardah cosmeticsselaku perusahaan kosmetik halal untuk terus melakukan strategi pemasaran melalui pendekatan Halal Product Development Keyword : Consumer Preference, Halal Cosmetics, Religiosity, Consumer Innovativeness, Product Characteristics, Social Influnce

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Mrs. Deli Apsa
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:10
Last Modified: 26 Aug 2020 09:29
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item View Item