Pengaruh Risiko Kredit, Risiko Likuiditas, Risiko Operasional, Dan Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Konvensional Kategori BUKU 1 & 2 Di Indonesia

Habiburrahmi, Wieka Rizarti (2019) Pengaruh Risiko Kredit, Risiko Likuiditas, Risiko Operasional, Dan Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Konvensional Kategori BUKU 1 & 2 Di Indonesia. S1 thesis, STIE Indonesia Banking School.

[img]
Preview
Text (Naskah Lengkap)
Wieka Rizarti Habiburrahmi, Ma.-Ibs, 2018.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Naskah Ringkas)
Wieka Rizarti Habiburrahmi, Ma.-Ibs, 2018-2.pdf

Download (737kB) | Preview
Official URL: http://lib.ibs.ac.id/index.php?p=show_detail&id=44...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari risiko kredit, risiko likuiditas, risiko operasional dan kecukupan modal terhadap profitabilitas dari industri perbankan yang termasuk dalam Bank Konvensional yang termasuk dalam kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 1 dan 2 pada periode 2012 sampai 2016. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 17 Bank Konvensional kategori BUKU 1 dan BUKU 2 yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel Independen yang digunakan pada penelitian ini bedasarkan rasio bank. Terdiri atas Risiko Kredit yang diukur menggunakan Non Performing Loan (NPL), Risiko Likuiditas yang diukur menggunakan Loan to Deposit Ratio (LDR), Risiko Operasional yang diukur menggunakan Basic Indicator Approach (BIA) dan Kecukupan Modal yang diukur menggunakan Capital Adequacy Ratio (CAR). Kemudian variabel dependen menggunakan Profitabilitas diukur dengan Return on Asset (ROA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Risiko Kredit dan Risiko Operasional berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Risiko Likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Sementara Kecukupan Modal berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas. Kata Kunci : Risiko, Kecukupan Modal, Profitabilitas, NPL, LDR, BIA, ROA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: KODEPRODI61201#Manajemen
Depositing User: Ms Dyta Medina
Date Deposited: 29 Apr 2020 13:56
Last Modified: 26 Aug 2020 09:29
URI: http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item